30 Agustus 2009

Salah satu sudut hijau Rawajati

Bingkai Merah

Jakarta punya banyak tempat yang mempromosikan kegiatan ramah lingkungan. Kawasan tersebut bisa anda kunjungi untuk mengikuti kegiatan yang ada di sana. Sebagian warga Jakarta menyebut kawasan ini sebagai titik hijau Jakarta. Beberapa lokasi yang sudah ada saat ini diantaranya adalah Kampung Wisata Agro Rawajati di Pancoran, Kebun Karinda tempat pelatihan tentang pemanfaatan sampah di Lebak Bulus , Kebun Pembibitan Salak Condet di Condet Jakarta Timur atau Kedai Daur Ulang (KDU) milik Pak Nursalam di kawasan Mampang Prapatan.


Salah satu titik hujau yang sudah lumayan akrab bagi sebagian warga Jakarta adalah Kampung Wisata Agro Rawajati. Sebelum menyandang predikat Kampung Wisata Agro, kawasan ini beberapa kali mendaptkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena kondisinya yang bersih dan asri sepanjang tahun 2004. Semuanya ini bisa terjadi karena warga Kampung Rawajati punya komitment dalam menjaga keasrian kawasan tersebut. Salah satu warga Kampung Rawajati, Ninik Nuryanto mengatakan semuanya bisa berajalan karena partisipasi aktif warga di kawasan tersebut. “Tidak hanya warga yang punya partisipasi cukup tinggi tetapi aparat pemerintah setempat juga cukup tanggap dengan keinginan warga”, ujar perempuan yang juga menjadi koordinator Kampung Wisata Agro.

Keberhasilan warga Kampung Rawajati tidak hanya diganjar dengan peredikat Kampung Wisata Agro pada Juni 2005 oleh Gubernur Jakarta saat itu, Sutiyoso. Keberhasilan lain dari kampung tersebut adalah tingkat kunjungan yang tinggi dari banyak warga. Sejak tahun 2005 lalu kampung itu telah didatangi dua puluh satu ribu orang. “Informasi mengenai kampung Rawajati tersebar melalui cerita dari mereka yang pernah mengunjungi kampung itu”, jelas Ninik.
Sayangnya promosi mengenai lokasi yang disebut sebagai titik hijau seperti ini memang belum digarap optimal oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Padahal kalau digarap secara serius bukan tidak mungkin kawasan ini bisa menjadi tujuan wisata lingkungan bagi warga Jakarta. Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Yoga mengatakan kalau titik hijau ini bisa dipromosikan secara serius, warga Jakarta akan punya lokasi wisata alternatif saat liburan.”Mungkin nantinya bisa dikembangkan guest house di kawasan hijau. Sehinga mereka yang ingin mersakan suasana kampung hijau bisa menginap dan belajar banyak hal di sana”, tambahnya.


Tidak gampang memang mempromosikan lokasi yang disebut Titik Hijau Jakarta tetapi bukanya tidak mungkin kita lakukan. Saat ini Komunitas Peta Hijau Jakarta mencoba untuk mengidentifikasi kawasan-kawasan seperti yang ada di Rawajati ke dalam sebuah Peta yang disebut Peta Hijau Jakarta. Menurut Nirwono Yoga yang juga Koordinator Peta Hijau Jakarta tahun ini, warga Jakarta juga butuh informnasi seputar akses jalan yang bisa mereka lalui untuk menuju kawasan tersebut. “ Peta Hijau nantinya memberikan informasi seputar wisata ramah lingkungan kepada warga Jakarta dan akses kendaraan umum seperti busway menuju kawasan-kawasan hijau tersebut”, jelasnya.

Untuk mengumpulkan informasi seputar Titik Hijau di Jakarta, Komunitas Peta Hijau melibatkan banyak warga untuk terlibat. Menurut Nirwono Yoga mulai tanggal 25 Oktober mendatang Komunitas Peta Hijau akan mengajak warga Jakarta menyusuri lokasi disekitar 7 koridor busway yang sudah beroperasi. Mereka akan mencari titik hijau yang bisa mereka promosikan melalui Peta Hijau.

Nirwono Yoga berharap nantinya ketika Komunitas Peta Hijau Jakarta selesai menggarap peta ini, Pemerintah Provinsi Jakarta bisa ikut mendukung mereka.”Pemerintah bisa membantu dengan menempatkan peta-peta tersebut di halte busway atau stasiun kereta api”, pungkasnya.


Komentar :

ada 0 komentar ke “Salah satu sudut hijau Rawajati”

Posting Komentar

Silakan pembaca memberikan komentar apa pun. Namun, kami akan memilah mana komentar-komentar yang akan dipublikasi.

Sebagai bentuk pertanggung-jawaban dan partisipasi, silakan pembaca memberikan identitas nama dan kota di setiap komentar dari pembaca dengan mengisi kolom Name/Url yang tertera di bawah komentar pembaca. Misalnya, Anggun, Denpasar.

Terima kasih.

 

© Bingkai Merah, Organisasi Media Rakyat: "Mengorganisir Massa Melalui Informasi". Email: bingkaimerah@yahoo.co.id