31 Januari 2010

Ribuan Massa Unjuk Rasa Bernada Sama, "Revolusi!"

Jakarta, Bingkai Merah - Ada yang sama dari banyaknya kelompok massa aksi yang mengepung Istana Negara tepat momentum seratus hari pemerintahan SBY-Boediono (Kamis, 28/01). Yaitu teriakan atau yel-yel “revolusi”. Situasi yang sama juga terasa di Bandung, Surabaya, Makasar, Gorontalo, dan beberapa tempat lain.

Kesamaan menggemakan “revolusi” seakan kesepakatan bersama dari situasi yang sama. Situasi dimana rejim yang berkuasa saat ini begitu lama menyengsarakan rakyat. Begitu pun situasi dimana jalan politik parlementer dan evolusi perubahan politik sudah berada di titik jenuh. Titik yang tidak ada ujung penyelesaian bagi kesejahteraan rakyat. Justru, terlihat alur penindasan dari waktu ke waktu dengan biaya yang sangat besar.

Kata “revolusi” menggema dimana-mana. Gema itu berisi kemarahan, kejenuhan, dan harapan yang tinggi atas perubahan. Revolusi menjadi metode yang relevan dan tepat saat ini menuju perubahan itu. Suara revolusi telah digemakan oleh kaum buruh, tani, rakyat miskin kota, pelajar, mahasiswa, dan pemuda, perempuan, organisasi korban, organisasi HAM, lembaga hukum, dsb, meski dari kelompok-kelompok massa aksi yang berbeda.

Kata “revolusi” juga menandakan rakyat sudah tidak sabar merebut kekuasaan meski harus bersimbah darah. Kata-kata revolusi akan menggelinding bagai bola salju hingga terwujud pada aksi-aksi revolusi. Memang saatnya revolusi rakyat, bukan reformasi ala borjuasi. (bfs)

Komentar :

ada 0 komentar ke “Ribuan Massa Unjuk Rasa Bernada Sama, "Revolusi!"”

Posting Komentar

Silakan pembaca memberikan komentar apa pun. Namun, kami akan memilah mana komentar-komentar yang akan dipublikasi.

Sebagai bentuk pertanggung-jawaban dan partisipasi, silakan pembaca memberikan identitas nama dan kota di setiap komentar dari pembaca dengan mengisi kolom Name/Url yang tertera di bawah komentar pembaca. Misalnya, Anggun, Denpasar.

Terima kasih.

 

© Bingkai Merah, Organisasi Media Rakyat: "Mengorganisir Massa Melalui Informasi". Email: bingkaimerah@yahoo.co.id