13 Oktober 2010

Indonesia Tuan Rumah Global Peace Festival 2010

Hotel Grand Melia, Jakarta - Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Global Peace Festival (GPF) 2010 untuk area Asia Pasifik. Dengan mengambil tema 'Creating a World of Lasting Peace Transcending Differences', konferensi internasional yang bertujuan menyerukan perdamaian dunia ini akan digelar di Jakarta, 15-17 Oktober 2010 mendatang.

"Indonesia layak jadi tuan rumah karena masyarakat Indonesia plural dari segala aspek dan kita memiliki Pancasila, bagaimana itu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kita mencintai perdamaiaan. Kita mau tunjukkan kepada dunia, kita adalah negara damai," tutur Executive Director GPF 2010 Chandra Setiawan.

Festival yang rencananya melibatkan 400 tokoh agama dari dalam dan luar negeri akan mendiskusikan cara mewujudkan perdamaian dunia dan menjaga kepercayaan satu sama lain. Untuk penyelenggaraan di Indonesia, pengurus GPF bekerja sama dengan Pengurus Besar Nadhlatul Ulama.

Dalam rangkaian festival nantinya juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan untuk memperkuat institusi keluarga dan perkawinan sebagai "School of Love" dan bakti sosial yang melibatkan ribuan pemuda di berbagai kota di Indonesia. Ini bertujuan merangkul generasi muda untuk peduli membantu perbaikan kehidupan sosial.

Puncak festival akan digelar di Stadion Bung Karno pada 17 Oktober. Puncak acara akan menampilkan keragaman budaya dan seni dari berbagai daerah di Indonesia dan sejumlah negara-negara Asean. Pada acara puncak ini, para tokoh juga akan menyerukan pesan-pesan perdamaian.

Selain Indonesia, GPF 2010 juga akan digelar di Kenya untuk wilayah Afrika, di Paraguay untuk wilayah Amerika dan Eropa, serta di Nepal untuk wilayah Asia Timur dan Selatan.

Dalam keterangan pers hari ini, hadir sejumlah petinggi PBNU seperti istri mantan Presiden RI Alm. Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah serta tokoh lainnya seperti Marsudi Syuhud beserta Ketua Umum ICRP Siti Musdah Mulia serta perwakilan GPF Kenya Markandey Ray dan Teh Su Thye dari Malaysia. Hadir pula GPF Goodwill Ambassador Indonesia, yaitu Harvey Malaiholo, Mike Mohede dan Maudy Kusnaedi.

Demikian laporan Donny Suryono PSH dari persiapan Global Peace Festival 2010 (GPF). Ia adalah Volunteer IT Administrator yang terlibat langsung di konferensi itu. Laporan ini dimaksudkan untuk memberitahukan bahwa konferensi GPF 2010 penting di kancah internasional untuk mendesak Pemerintah Indonesia berkomitmen penuh menyelenggarakan pluralisme di segala lini kehidupan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Indonesia Tuan Rumah Global Peace Festival 2010”

Posting Komentar

Silakan pembaca memberikan komentar apa pun. Namun, kami akan memilah mana komentar-komentar yang akan dipublikasi.

Sebagai bentuk pertanggung-jawaban dan partisipasi, silakan pembaca memberikan identitas nama dan kota di setiap komentar dari pembaca dengan mengisi kolom Name/Url yang tertera di bawah komentar pembaca. Misalnya, Anggun, Denpasar.

Terima kasih.

 

© Bingkai Merah, Organisasi Media Rakyat: "Mengorganisir Massa Melalui Informasi". Email: bingkaimerah@yahoo.co.id